Saturday 3 May 2014

cerita BAPPAK mendaki gunung lawu

Advertisement
liburan yang asyek ....? ya MUNGGAH GUNUNG to ya cerita saya mendaki gunung lawu kali ini sangat menarik , sukses , cuaca bersahabat , mantap deh pokoknya. Saya dan kawan-kawan mendaki berenam . awalnya kita berenam liburan binggung mau kemana karena kita sebelumnya pernah mendaki ke gunung ungaran jadi ketagihan ingin naik gunung lagi dan waktu itu kita merencanakan untuk liburan naik ke gunung lawu mengambil via cemoro sewu. perencanaan kita pun juga lama maklum pendaki pemula suka repot kalo ingin mendaki gunung, kita merencanakan pun hampir 3 bulan sebelum hari H . tenda belum punya , mau minjam takut rusak ya kita berpatungan untuk beli tenda , mumpung masih ada waktu ya kita ngumpulin uang untuk beli tenda . sudah beli tenda kita berpikir lagi apa yang kurang ya..? ternyata yang kurang banyak sekali mulai dari tas carrier hingga peralatan untuk memasak . yaudahlah pakai seadanya aja , yang penting ada tenda ... hehe sebenernya di puncak ada warung + bisa buat nginep , tetapi gakapalah untuk jaga-jaga kalau mendaki ke gunung lainnya, dan kita tentukan untuk mendaki pada tanggal 27-29 desember . awalnya kita berencana sebelum mendaki gunung lawu kita ingin naik gunung ungaran dulu untuk latihan biar nanti pas naik gunung lawu jadi gak ngedrop, tetapi malah gak jadi yaudah , penyebabnya yaitu dana karena kita berenam masih seorang siswa ya dananya berbeda sama yang sudah bekerja . kita sebelum mendaki ke gunung lawu cari-cari informasi dari transport ke cemoro sewu hingga jalur dari cemoro sewu . dan akhirnya pendakian kurang beberapa harilagi kita pun gak sabar untuk hari Hnya .

akhirnya kita berangkat juga setelah menunggu sekian lamanya dan kita star dari rumah jam 06.30 pagi , sebelum berangkat malamnya kita begadang untuk packing padahal waktunya untuk packing itu kalo yang udah biasa cuman 2 jam kurang lebihnya , tetapi kita packing itu ada sekitar 6 jam uuewwdaann , penyababnya 3 teman saya itu suka menggampangkan seolah-olah sudah mendaki gunung dimana-mana, tadinya kita mau berangkat jam05.30 malah jadi mundur. dan akhirnya kita berangkat menuju terminal mangkang karena lokasi rumah saya berada di kaliwungu, kendal, jawa tengah. dari mangkang menuju solo dibutuhkan waktu kurang lebih 4jam sesudah sampai solo kita berencana untuk melaksanakan sholat jumat , sesudah sholat jumat kita sarapan dulu karena perjalanan masih sekitar kurang lebih 3jam. dan kita pun menuju tawangmangu yang memakan waktu sekitar 2jam. sesampai di tawangmangu kita melanjutkan perjalanan menuju magetan tempat bascamp cemoro sewu, dan akhirnya kita sampai di basecamp cemoro sewu jam 15.30 wib.

pendakian kita mulai besok karena kita butuh istirahat, setelah menempuh perjalanan yang lumayan jauh dan kami memutuskan untuk membuat tenda di dekat bascamp cemoro sewu, di jalur pendakian cemoro sewu ternyata sudah banyak yang mau naik dan turun. dan tenda sudah jadi, kita lalu mempersiapkan untuk memasak buat makan malam, tiba-tiba teman saya ada yang mabok di dalam tenda , memang sudah dari rumah teman saya sedang tidak enak badan tetapi tetep saja dia ingin ikut, untungnya ngak terjadi apa-apa pada teman saya, malah esoknya waktu mau berangkat sudah sehatan lagi.

esok harinya kita berkemas untuk mempersiapkan pendakian ke puncak, sebelumnya kita sarapan dulu untuk mengisi perut yang kosong, sesudah kita sarapan kita berangkat dari bascamp pukul 08.30 lalu kita mulai berjalan mendaki sambil menikmati pemandangan dan berfoto-foto karena di sepanjang jalan pemandangannya bagus sekali. dari bascamp menuju pos 1 diperkirakan sekitar kurang lebih 3jam dengan menempuh jalan yang lumayan terjal, di pos 1 kita istirahat sebentar untuk minum-minum sambil nyemil, setelah istirahat kita melanjutkan perjalanan menuju pos2, dari pos1 ke pos2 dibutuhkan waktu kurang lebih 2jam untuk sampai ke pos2 kita istirahat lagi karena perjalanan masih lumayan panjang kurang lebih sekitar 4jam-an lagi untuk sampai ke pos5 pos terakhir, sesudah istirahat kita melanjutkan perjalanan menuju pos4, di pos3 kita tidak akan istirahat karena di sepanjang perjalanan dari pos1 hingga pos2 sudah banyak istirahat, dari pos3 hingga pos3 hingga pos4 pemandangan semakin menarik. semangat kami pun menjadi membara, di pos4 kita cuman berfoto-foto sebentar untuk momen karena pemandangannya sangat bagus untuk album kenangan, waktu itu di pos4 siang sekitar pukul 14.00 hampir sore, di pos4 kita cuman sebentar karena takut kalau kehabisan lahan untuk mendirikan tenda , padahal di pos5 tempat untuk mendirikan tenda sangat luas, tetapi kita memutuskan untuk mendirikan tenda di dekat sendag derajat di dalam gua, kita sampai di sendang derajat pukul 15.30 dan langsung mendirikan tenda dan memesan makanan di warung didekat tempat kita mendirikan tenda , 1 porsi nasi rames 8000 gorengan satu 1000 teh anget 2000, menurut saya itu murah sekali dan warung itu cukup membantu para pendaki, warung di dekat puncak ada 2 , satu dijalur via cemoro sewu dan yang satunya lagi di jalur cemoro kandang, sesudah sarapan saya, wawan, hery memutuskan untuk naik kepuncak untuk melihat sunset, dan tiga teman saya sukron, mamat, yunus menunggu di dalam tenda kerena mereka kediginan, kita bertiga dipuncak sepi cuman ada kita bertiga , puncak gunung lawu ini namanya hargo dumilah kita dipuncak cuman sebentar sambil berfoto-foto karena hari sudah mau gelap kita lalu bergegas turun dan kita hampir tersesat ketika menuju lokasi tenda, tetapi untungnya kita tidak kehilangan arah dan akhirnya kita sampai di tenda , jarak tempuh untuk kepuncak dari tempat kita mendirikan tenda cuman memakan waktu sebentar kurang lebihnya sekitar 30 menit dengan jalan santai. di tenda kita langsung tidur karena badan sudah lelah dan dinginnya malam membuat saya sulit untuk tidur, perut saya mules dan kepala saya pusing tetapi aku tahan.

Bappak 2
disaat saya tertidur pulas teman-temanku pagi sekitar jam 05.00 mau naik kepuncak, temanku wawan membangunkanku mengajak untuk naik kepuncak tetapi saya memutuskan tidak ikut naik karena di antara kita berenam malamnya itu yang paling tidak bisa tidur saya, saya dan hery tidak ikut naik kepuncak, teman saya berempat wawan,sukron,mamat,yunus naik kepuncak tetapi sayangnya mereka tidak bisa menyambut sunrise karena kurang lebih awal, penyebabnya ya itu sosok orang yang suka menggampangkan , untungnya sukron,mamat,yunus bisa mencapai kepuncak dan itu pun dibujuk wawan. setelah mereka menikmati pemandangan mereka lalu turun menuju ketenda dan membangunkan saya yang sedang tertidur pulas. ''Tangi woe , wis awan '' ucap mereka berempat dan saya pun bangun lalu mempersiapkan sarapan pagi sebelum turun dari puncak , pagi itu didekat tenda kita ramai sekali banyak orang yang mau turun juga, setelah kita sarapan kita packing barang-barang kita dan turun sambil berfoto-foto lagi, pagi itu udara sejuk tidak ada polusi maupun polisi seperti di kota, dan kota megetan pun kelihatan .

akhirnya kita sampai di bascamp sekitar pukul 13.30 , dan langsung mampir kewarug untuk sarapan , padahal saya gak lapar tetapi teman saya semua pada makan, ya saya ikut makan juga . setelah makan kita lalu pulang dan sampai di rumah sekitar pukul 19.00 dengan selamat
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.