Thursday 27 March 2014

Info Mendaki Gunung Ciremai

Advertisement
Gunung Tertinggi di Jawa Barat yaitu Gunung Ciremai , memiliki ketinggian 3.078 mdpl (meter dari permukaan laut) . secara administratif termasuk dalam tiga wilayah kabupaten yakni kabupaten Cirebon, Kuningan, dan Majalengka. Gunung Ciremai memiliki tiga kawah utama yakni kawah barat dan kawah timur, serta kawah letusan kecil atau biasa di sebut kawah walet.

Jalur Pendakian via Linggarjati

Untuk menuju ke puncak Ciremai dapat melalui tiga jalur namun yang paling populer yaitu jalur dari Linggarjati dan jalur Palutungan. Jalur Linggarjati adalah jalur yang paling terjal dengan kemiringan 70 derajat, tetapi jalur ini jarak tempuhnya tidak begitu panjang dibandingkan dengan jalur palutungan.

Dari pos perijinan berjalan terus mengikuti jalan aspal kurang lebih 1/2 jam akan sampai di Cibunar. Alangkah mengambil Air terlebih dahulu karena setelah pos Cibunar tidak ada Sumber Mata Air lagi.

Dari Cibunar anda akan melewati perladangan dan hutan pinus, dan melewati Leuweung Datar, Condang Amis, dan Blok Kuburan Kuda. dari Cibunar menuju Blok Kuburan Kuda memakan waktu kira-kira 3 jam.


Anda akan menjumpai Pangalap dan Tanjakan Binbin setelah berjalan setapak dengan curam yang cukup berbahaya. selanjutnya anda akan menjumpai Tanjakan Seruni yang berketinggian 2.080 meter dari permukaan laut dan Bapa Tere (2.200 mdpl) . dengan berjalan santai kira-kira 3-4 jam anda akan sampai di Batu Lingga.

Perjalanan Selanjutndangan menempuh waktu Kira-kira 1,5 jam akan menjumpai Pengasinan. di sini anda dapat menjumpai bunga Edelweiss yang sangat indah, pos pengasinan ini adalah pos terakhir untuk menuju kepuncak.

Dari Pengasinan menuju Puncak (Telaga Sunan) akan memakan waktu kira-kira 1 jam dengan jalan berbatu-batuan. Dari Puncak anda akan menyaksikan pemandangan kawah-kawah Gunung Ciremai yang menawan, apalagi kalau anda berada di puncak pada terbitnya matahari anda akan melihat Gunung-gunung yang berada di jawa seperti Gunung Slamet, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dari Puncak ke arah kanan anda bisa anda bisa menuju ke kawah belerang dengan memakan waktu 1/2 jam . jika anda mengitari puncak dan kawah-kawah ciremai akan memakan waktu 2 jam.

Sekian penjelasan dari saya mengenai rute pendakian Gunung Ciremai via Linggarjati semoga bermanfaat bagi anda yang ingin mendaki ke Gunung Ciremai.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !