Wednesday 30 April 2014

Jalur pendakian merbabu dari bascamp selo

Advertisement
Gunung merbabu memiliki ketinggian sekitar 3.145 mdpl (meter dari permukaan laut). Berada di wilayah 3 Kabupaten yakni Magelang, Boyolali, dan Kabupaten Semarang, Jawa tengah. Gunung Merbabu adalah Gunung Berapi yang bertipe strato, secara geografis terletak pada 7,5° LS dan 110,4° BT. Gunung Merbabu cukup populer bagi pendaki di indonesia, hal ini karena keindahan yang dapat memanjakan mata dan juga sebagai tempat wisata alam yang sangat cocok bagi mereka yang gemar mendaki gunung/aktif dalam kegiatan alam.

Jalur Pendakian 

Gunung merbabu memiliki 5 pos dalam perjalanan pendakian:



Pos 1
Dari bascamp pendakian menuju pos 1 dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Jalur pendakian bisa dibilang masih landai. Di Pos 1 ini para pendaki dapat mendirikan tenda untuk bermalam di sini, tetapi kebanyakan para pendaki tidak bermalam di pos 1, mereka lebih memilih melanjutkan perjalanan. pendaki di harapkan mengisi air di pos 1 ini, karena sepanjang perjalanan selanjutnya tidak terdapat sumber air.

Pos 2
Sepanjang perjalanan dari pos1 menuju pos 2 perjalanan masih cukup landai. Apabila mendaki pada siang hari udaranya terasa sejuk, karena berada di pertengahan hutan tropis. Untuk sampai pos 2 pendaki dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam dari pos 2.

Pos 3
Berjalan mengikuti petunjuk maka pendaki akan dibawa keluar dari hutan tropis dan akan menjumpai pos 3 yang mempunyai lahan yang cukup luas untuk para pendaki mendirikan tenda. Untuk mencapai pos 3 membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit dengan jalan santai.



Pos 4

Medan mulai terja dari pos 3 menuju pos 4, disertai bebatuan yang licin jika turun hujan dan tidak memungkinkan para pendaki terus berjalan, kebanyakan mereka beristirahat di pos3. di Pos 4 terdapat lahan yang dapat di dirikan tenda untuk para pendaki. untuk menuju pos 4 dari pos 3 dibutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan jalan santai.

Pos 5
Pos terakhir dalam perjalanan menuju puncak. untuk menempuh pos 5 dari pos 4 dibutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. dalam perjalanan para pendaki akan melihat keindahan Gunung Merbabu, dengan pada savana yang sangat luas yang banyak di tumbuhi bunga-bunga seperti edelweiss.

Puncak
Jalur yang bisa dibilang terjal mulai dari pos 5 menuju puncak. pendaki akan merasa takjub karena keindahan cipta'an yang maha agung setelah sampai pada puncak.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Harap berkomentar yang baik dan sopan !