Sunday 7 February 2016

Spot Menarik Mengambil Gambar di Gunung Sumbing Via Garung (jalur baru)

Advertisement
Sebuah gunung di pulau Jawa yang menyimpan keindahan alamnya yang luar biasa. Gunung sumbing berada di jawa tengah, dengan memiliki wilayah yang administratif meliputi 3 kabupaten, yakni kabupaten Magelang, kabupaten Wonosobo, dan kabupaten Temanggung. Letak gunung ini sangat berdekatan dengan gunung sindoro yang hanya dipisahkan dengan jalan yang menuju arah Magelang-Temanggung. Gunung sumbing memiliki ketinggian sekitar 3.371 m dpl dengan medan perjalanan menuju puncak yang lumayan berat bagi pemula. Masyarakat sekitar sering menyebut gunung sindoro dan gunung sumbing adalah gunung kembar, seperti gunung merapi dan merbabu.

Mendaki tidak akan nikmat jika tidak mengambil gambar, yah itulah kata-kata yang sering saya dengar dari bibir manis pendaki sekarang. Memang tidak ada salahnya mengambil gambar disepanjang perjalanan pendakian, tetapi juga jangan sampai melanggar peraturan yang dapat membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Di artikel kali ini saya mau berbagi spot-spot yang sangat menarik untuk anda yang ingin mendaki gunung sumbing via Garung jalur baru.

basecamp sumbing1. Basecamp Gunung Sumbing

Tempat berkumpulnya para pendaki yang datang maupun pulang. Basecamp gunung sumbing yang nyaman ini membuat saya menjadi kangen dan ingin jumpa dengannya lagi. Kenapa basecamp gunung sumbing saya jadikan spot menarik? karena, disinilah tempat mulai ataupun mengakhiri sebuah pendakian, dan juga di basecamplah yang sebenarnya memiliki momentum yang sangat menarik yang perlu kita abadikan melalui gambar.



2. Sungai

sungai sumbing
Menuju pos 1 akan menjumpai sebuah sungai yang tidak terlalu besar tetapi sangat bermanfaat bagi para pendaki gunung sumbing. Di sini adalah spot yang sangat unik sekaligus menarik. Setelah perjalanan yang cukup menguras tenaga dari basecamp menuju sungai ini dan ketika sudah sampai di sungai ini rasa lelah dan letih menjadi hilang karena tempat ini sangat unik tepat sekali untuk istirahat sambil mengambil gambar. Untuk pendakian pertama kali ke gunung sumbing ini maka anda pasti akan sangat terkagum, dan disini anda wajib mengambil gambar untuk di abadikan.

3. Pestan

sumber : akuntomountain.wordpress.com
sumber : akuntomountain.wordpress.com
Pestan adalah nama sebutan tempat pos para pendaki di gunung sumbing dari jalur garung. Tak hayal lagi jika disni adalah tempat yang sangat menarik, karena selain tempatnya yang sangat luas juga jika di hari libur tempat ini menjadi lautan tenda para pendaki. Mengabadikan perjalanan di gunung sumbing dengan mengambil gambar di pestan adalah suatu keharusan. Dari sini kita bisa menikmati sunset dan sunrise yang sangat mempesona. Sabananya juga membuat saya menjadi ingin bermain sepakbola disana. hehe.

4. Pasar watu

Sumber : Yusufrina.wordpress.com
Sumber : Yusufrina.wordpress.com
Pasar watu adalah pos 4 di perjalanan menuju puncak gunung sumbing. Disini sangat cocok sekali jika anda ingin mengambil gambar yang memiliki latar belakang gunung Sindoro. Di pasar watu ini terdapat banyak sekali batu batu besar yang menjulang tinggi di dekat tempat mendirikan tenda para pendaki. Di pasar watu tidak banyak pepohonan yang bisa kita jumpai kalaupun ada pasti spot untuk mengambil gambarpun akan menjadi sangat menarik.


5. Watu Kotak

Sumber :  Arifsetiawan.com
Sumber :  Arifsetiawan.com
 Watu kotak adalah lahan terakhir para pendaki untuk mendirikan tenda. Disini anda bisa mengambil gambar yang menarik dengan latar belakang batu yang menyerupai bentuk kotak. Untuk lebih tepatnya kotak apa tidak saya tidak tahu pasti tetapi katanya ada batu yang berbentuk kotak yang lumayan besar. Walaupun tidak banyak yang bisa kita temukan spot yang menarik di watu kotak, tetapi cukup menyenangkan jika mengabadikan gambar dengan teman-teman pendaki. Saran saya lebih baik jika mengambil gambar di watu kotak alangkah lebih baik jika pada siang hari saja dikarenakan di daerah ini sangat dingin sekali.


6. Tanah Putih

Spot yang satu ini sangat menarik sekali, karena terdapat pula kawah didekat tanah putih ini, tetapi saran saya anda harus berhati-hati karena terdapat gas belerang yang dapat menggangu pernafasan. Tanah putih memiliki ciri khas tersendiri di gunung sumbing ini. Disini terdapat banyak bunga edelweiss yang sangat indah. Jika anda seorang phografer maka pasti anda akan menyangka bahwa tempat ini bukan hanya layak untuk ambil gambar tetapi juga layak harus kita jaga.


7. Puncak

Puncak
Puncak gunung sumbing sangat menarik, tidak seperti puncak gunung lainnya yang memiliki lahan yang lumayan luas. Tetapi puncak gunung sumbing malah justru terdapat banyak bebatuan, ini yang membuat saya sangat senang sekali jika mendaki gunung sumbing karena puncaknya banyak bebatuan bukan banyak sampahnya hehe. Jika anda mendaki sampai di puncak wajib hukumnya untuk mengambil gambar disini. Tetapi ingat puncak bukanlah segalanya, jika anda merasa tidak sangup untuk mencapai puncak gunung sumbing sebaiknya jangan dipaksakan.

Nah itu adalah beberapa spot menarik yang perlu anda kunjungi jika akan mendaki gunung sumbing. Jika anda merasa ada spot menarik lainnya silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Terimakasih.
Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

6 comments:

  1. Enak nggak jalannya lewat garung?? Kalau Aku baru lewat kaliangkrik, Baca pengalamanku juga ni, ndaki sumbing via kaliangkrik gan, hehehe

    kukau.blogspot.co.id/2016/02/sumbing-via-kaliangkrik-desa-butuh.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep banget gan lewat garung. Patut dicoba. Oke saya baca... thanks dah kunjung...

      Delete
  2. Thanks juga gan , whehe, salam kenal yak

    ReplyDelete

Harap berkomentar yang baik dan sopan !