Saturday 3 May 2014

Tips mendaki gunung pada saat musim hujan

Advertisement
Mendaki gunung, apa yang ada di pikiran anda ketika mendaki gunung? bersenang-senang, menikmati keindahan, atau sekedar cuma memenuhi keinginan? lalu apa yang ada di pikiran anda ketika mendaki gunung pada saat musim hujan? repot kan? lalau bagaimana tipsnya ketika mendaki gunung dalam perjalanan sedang diguyur hujan. ok saya mau berbagi tips bagaimana cara mengatasi kehujanan pada saat mendaki gunung. Sebelumnya saya mau cerita sedikit pengalaman saya pada saat mendaki gunung kehujanan, dan itu pun pengalaman pertama mendaki gunung. Waktu itu saya penasaran bagaimana sih rasanya mendaki gunung itu?. Saya penasaran karena kakak saya dulu suka mendaki gunung waktu saya masih SD, saya heran kok mau berlibur saja barang bawaannya banyak banget, karena saya orangnya pemalu sampai saat itu pun sebelum pertama mendaki gunung belum pernah bertanya, dan pada akhirnya waktu pendakian gunung pertama saya, saya bertanya pada kakak saya "apa saja kak barang yang dibawa saat mendaki gunung itu?". ternyata barang bawaan yang penting itu banyak juga. ketika itu pun pada saat pendakian tepat pada musim hujan, untung saya diberi tips sama kakak saya ketika dalam mendaki kehujanan. Ok langsung saja daripada saya lanjutkan ceritanya mungkin ngak akan selesai. Berikut tips mendaki gunung pada saat musim hujan:


1. Bawalah jas hujan atau ponco
Jas hujan sangat penting pada suatu pendakian, dan barang ini juga wajib di bawa oleh semua orang ketika mendaki gunung. Begitu pun dengan Ponco, barang ini juga akan berguna jika tenda mengalami kebocoran. Selain itu Ponco juga bisa digunakan sebagai Bivak / Tempat teduh dengan menggunakan tali.

2.Bawalah tas yang ada covernya.
Cover berguna untuk melindungi isi dalam tas yang anda bawa, walaupun masih bisa menyerap sedikit kedalam. Tetapi anda yang tidak mempunyai tas jangan khawatir, anda bisa menggunakan Ponco sebagai Cover.

3.Bawalah Baju yang Kering
Sebenarnya ini tips sederhana, tetapi jangan menyepelekan tips ini. Dengan cuaca yang dingin apakah berani jika menggunakan baju basah? masalahnya jika terjadi hujan di gunung otomatis badai juga akan datang. Hal ini dapat menyebabkan penurunan suhu badan yang semula normal menjadi tidak normal tanpa kita sadari. Hati-hati gejala Hipotermia.


4.Bungkus semua sarang bawaan dengan plastik
Sebelum berangkat alangkah pentingnya jika semua barang yang dibawa di bungkus dengan plastik. Mungkin tips ini tidak perlu saya jelaskan, pasti anda sudah tahu sendiri dong.

5. Tidak terlalu memaksakan diri
Jika dalam perjalanan anda diguyur hujan, sebaiknya berhenti dan membuat bisvak dengan ponco yang sudah dibawa, atau dirikan tenda. Sebelumnya anda bisa cari tempat yang cocok untuk mendirikan tenda.

6. Selalu berfikir positif dan berdoa
Berfikir positif dan berdoa sangatlah penting, jangan nekat dalam perjalanan yang tidak mendukung. Alangkah sebaiknya jika dalam suatu pendakian berkelompok, usahakan selalu saling membantu.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat untuk anda yang intin mendaki gunung pada saat musim hujan. Jika anda adalah seorang pendaki pemula, anda bisa baca artikel saya sebelumnya yang berjudul Gunung Untuk Pendaki Pemula.

Advertisement
Jika anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan share dengan meng-klik tombol berbagi di bawah ini. Terima kasih.

3 comments:

  1. Maaf nambahin sedikit tips mendaki di musim hujan, yaitu : bawa kanebo yg bisa di gunakan tuk lap tenda kalau kebanjiran, buat parit kecil di sekitar tenda agar air tidak masuk tenda

    ReplyDelete
  2. Oh iya mas tips itu juga pernah saya alami ketika sedang mengikuti kegiatan pramuka. Trimakasih atas kunjungan dan tipsnya ya...

    ReplyDelete
  3. Oh iya mas tips itu juga pernah saya alami ketika sedang mengikuti kegiatan pramuka. Trimakasih atas kunjungan dan tipsnya ya...

    ReplyDelete

Harap berkomentar yang baik dan sopan !